Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Pangan Kita Bulog Pangkas Jalur Distribusi

  • 11 Oktober 2016 - 09:38 WIB

BORNEONEWS, Kobar - Guna mengendalikan harga bahan pangan tetap stabil, Badan Urusan Logistik (Bulog) mendirikan outlet yang diberi nama Rumah Pangan Kita (RPK), yang secara langsung memangkas jalur distribusi. Pengendalian harga pangan, sementara ini masih fokus pada sejumlah item kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir dan minyak goreng. RPK ditangani Bulog berjalan sejak dua bulan lalu.

"Terbentuknya RPK untuk  mempersingkat mata rantai distribusi ke pembeli, sehingga harganya  bisa ditekan, kami menjual tiga jenis bahan pokok, diantaranya gula, beras dan minyak goreng," jelas Kepala Bulog Sub Divre Pangkalan Bun, M Soleh, Senin (10/10/2016).

Sasaran RPK, kata Soleh, semua warga di bawah wilayah operasi Bulog Pangkalan Bun. Termasuk para pedagang atau konsumen (warga). "Setelah membeli dari kami, para pedagang boleh menjualnya lagi. Asal, harganya sesuai dengan yang kami tetapkan," ujarnya.

Selain mendirikan RPK, pihaknya juga sering menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok di pasaran. Semisal contoh, harga gula pasir sebelumnya dipasar mencapai Rp17 ribu per kilogram, saat ini harga gula pasir di pasar turun menjadi Rp14 ribu per kilogram. (FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru