Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distanbun Gunung Mas Motivasi Petani Tingkatkan Produksi Padi

  • 23 Oktober 2016 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun -- Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) terus berupaya memotivasi petani meningkatkan produksi pertanian, terutama padi. Ini agar hasil panen petani bisa melimpah, sehingga mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat di kabupaten bermoto Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

"Intinya kami dari Dinas Pertanian dan Perkebunan terus mendorong dan memotivasi petani untuk meningkatkan hasil produksi, terutama beras mau pun sayur untuk kebutuhan sehari-hari," kata kepala Distanbun Gumas Letus Guntur kepada Borneonews,.

Menurut dia, dalam hal memotivasi petani untuk meningkatkan hasil produksi. Pemerintah pusat, provinsi mau pun Pemkab Gumas cukup banyak memberikan bantuan kepada petani. Seperti peralatan mesin pertanian, bibit dan lainnya untuk mendukung kegiatan bidang pertanian. Dengan harapan, lanjut Letus, pertanian bisa semakin maju dan petani bisa sejahtera.

"Intinya pemerintah sangat serius memperhatikan bidang pertanian, termasuk kesejahteraan petani," cetusnya.

Letus Guntur menambahkan, di Gumas saat ini sedang memasuki musim tanam Oktober-Maret (Okmar). Untuk itu pihaknya terus melakukan pengawasan untuk memastikan lahan pertanian damanfaatkan dan ditanami padi. Mengingat di Gumas cukup banyak lahan pertanian yang berpotensi.

Seperti lahan pertanian Sakata Juri dan lahan pertanian Desa Hurung Bunut di Kecamatan Kurun, lahan Pertanian Sakata Tewah di Kecamatan Tewah dan lahan pertanian di irigasi Guhung Rawai, Kecamatan Rungan. Sementara lahan pertanian yang bisa dimanfaatkan untuk menanam padi mencapai ratusan hektar.

"Disamping itu kita harapkan petani juga memanfaatkan lahan dari program cetak sawah kerjasama antara Kementrian Pertanian dan TNI Angkatan Darat," terang dia.

Letus menambahkan, untuk tahun ini Kabupaten Gumas menargetkan produksi padi mencapai 14 ribu ton. Diharapkan target tersebut bisa terealisasi berkat kerjasama petani dengan dukungan pihak-pihak terkait. (EPRA SENTOSA/*).

Berita Terbaru