Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rembuk Pendidikan di Sukamara Libatkan Camat dan Kepala Desa

  • Oleh Norhasanah
  • 03 November 2016 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Rembuk pendidikan di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, melibatkan para camat dan kepala desa. Ini upaya pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sukamara meningkatkan kualitas pendidikan. Rembuk pendidikan yang digelar di Aula Balai Pelatihan Guru (BPG) itu, diharapkan dapat memberikan masukan yang bisa jadi dasar pengambilan kebijakan.

'Pendidikan merupakan urusan wajib yang ditangani bersama. Semua harus sinergi, saling menopang dan mendukung dalam membangun pendidikan.' kata Bupati Sukamara, Ahmad Dirman saat membuka rembuk pendidikan, Kamis (3/11/2016).

Menurut bupati dua periode ini pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten atau kota mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang merata dan terjangkau. Sehingga melalui rembug pendidikan tingkat kabupaten yang berlangsung selama dua hari tersebut dapat memberikan masukan-masukan yang memang benar-benar riil menjadi kebutuhan sekolah di desa dan di kecamatan. 

'Oleh karena itu, sampaikan saran dan masukan apa adanya, baik itu berkenaan dengan sarana dan prasarana, kedisiplinan guru dan tenaga kependidikan atau masalah 'masalah lain yang ada kaitannya dengan proses pembelajaran,' tegas Dirman.

Dalam rembug pendidikan tingkat Kabupaten Sukamara, Bupati Gawi Barinjam ini mengundang camat, lurah dan kepala desa untuk ikut dalam pelaksanaan diskusi pendidikan. Bupati ingin mendapatkan informasi di luar Dinas  Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, sehingga usulan, masukan dan saran yang ada nantinya dijadikan dasar pengambilan kebijakan pada tahun'tahun mendatang, sesuai kebutuhan di lapangan. 

'Saya berharap semoga pertemuan-pertemuan seperti ini ke depannya bisa menjadi agenda rutin, karena sangat memberi banyak manfaat bagi kita, di samping sebagai ajang silahturahmi, juga sebagai wahana  untuk monitoring, evaluasi dan perencanaan kegiatan  ke depan,' tutur Ahmad Dirman.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Sukamara, Sutrisno mengatakan bahwa rembuk pendidikan yang pihaknya lakukan bertujuan untuk mengevaluasi dan merencanakan program pendidikan yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan. Sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Sukamara bisa meningkat seperti yang direncanakan.

'Dalam rembuk pendidikan semua akan dibahas mulai dari potretnya, lalu masalah dan kendala dan semua yang berkaitan dengan dunia pendidikan akan dibahas oleh pihak-pihak yang memiliki andil dalam pendidikan' jelas Sutrisno. (MG-13/N).

Berita Terbaru