Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Baru Delapan Dinas Dukung Satu Data Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 November 2016 - 12:47 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Data valid dan berkualitas sangat penting untuk menentukan arah kebijakan dan perencanaan pembangunan. Karena itu, sangat disayangkan karena sejauh ini hanya delapan dinas, atau instansi yang suplay data untuk program websire Satu Data Kalteng. Padahal, selama ini data sektoral pada dinas-dinas seringkali dijumpai tidak sama satu dengan lainnya, sehingga perlu disatukan dalam bank data dan dikeluarkan satu pintu.

Pembentukan forum data dan pembangunan data base di kalimantan tengah (Kalteng) telah membuahkan hasil dan secara resmi diluncurkan dalam Soft Launching 'Satu Data Kalteng' dalam bentuk Website pada Rabu pekan lalu. Tujuannya, hanya satu data acuan untuk Provinsi Kalimantan Tengah. Hanya, sampai saat ini hanya delapan instansi yang suplai data.

'Untuk sementara ini, masih delapan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Nah untuk tahun depan kita minta semua SKPD wajib terlibat dalam penyediaan data ini menjadi data base yang kuat,' ungkap Kepala Bappeda Kalimantan Tengah, Herson B Aden, di Palangka Raya, Selasa (22/11/2016).

Selain meminta partisipasi semua dinas atau badan dalam pengumpulan data, ia juga menuntut agar depan ada komitmen dari tiap SKPD penyedia data untuk mengupdate data secara berkala. 

Ditambahkan Herson, dengan ketersediaan data yang lebih lengkap dan akurat serta terupdate dengan baik, diharapkan mampu membantu pimpinan dalam menentukan kebijakan-kebijakan dan arah pembangunan yang lebih mengena atau tepat sasaran sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

'Setelah semua SKPD provinsi telah masuk semua, SKPD di tingkat kabupaten juga akan  dilibatkan dalam penyusunan data. Karena harus diakui, selama ini data yang ada juga berasal dari kabupaten-kabupaten,'pungkasnya.

Sementara itu Kepala BPS Kalteng, Hanif Yahya menekankan, pentingnya integrasi data dan informasi guna mendukung perencanaan pembangunan hingga monitoringnya. Informasi yang terintegrasi dalam sebuah bank data, memberikan gambaran yang menyeluruh untuk pembuatan kebijakan serta memudahkan evaluasi dan koordinasi dari masing-masing SKPD.

Keberadaan website 'Satu Data Menuju Kalteng BERKAH' tersebut, tandas Hanif, masyarakat pengguna maupun instansi pemerintah dapat lebih mudah untuk mendapatkan data secara lebih lengkap dan terverifikasi.  'Dan tidak secara sektoral lagi di tiap SKPD, tetapi bank data ini dapat menjawab kebutuhan akan ketersediaan data secara lebih lengkap dan terpercaya,' katanya. (RZ)

Berita Terbaru