Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Lokal Masih Bisa Bersaing dengan Pasar Modern

  • Oleh James Donny
  • 24 November 2016 - 20:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pedagang lokal di Pulang Pisau masih bisa bersaing dengan pasar modern, seperti Indomaret dan Alfamart yang saat ini hadir di Pulang Pisau. Meski diserbu pasar modern, dengan tampilan lebih bagus, dan keren, masyarakat tetap menyerbu pasar tradisional.

'Pedagang lokal yang ada masih dapat bersaing, bahkan ada barang yang dijual para pedagang lokal masih jauh lebih murah dan lengkap dari barang yang dijual oleh minimarket modern ini,' kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Pulang Pulang, Fitriadie, Kamis (24/11/2016).

Kondisi tersebut kata dia memperlihatkan bahwa, para pedagang lokal masih bisa bersaing secara sehat dengan hadirnya pasar modern tersebut. Jika merasa terancam, kata dia akan banyak pedagang gulung tikar karena para pembeli lebih mengejar pasar modern tersebut. 'Namun yang terjadi tidaklah demikian, karena masih banyak masyarakat Pulang Pisau yang lebih memilih pasar tradisional disbanding pasar modern,' katanya.

Menurutnya yang menjadi kelebihan dari pasar modern bukan harganya yang murah atau kelengkapan barangnya, tetapi fasilitas yang ada di dalam pasar tersebut yang begitu memanjakan para pembeli, seperti AC, ATM , kondisi pasar yang higenis, dan keramahan pelayanan. 'Tapi rata-rata yang menjadi konsumen adalah kalangan menengah keatas,' terangnya. Jika berbicara masalah kelengkapan barang, akan lebih mudah diperoleh di pasar tradisional.

Hadirnya pasar modern tersebut kata dia malah menjadi pembelajaran bagi pasar tradisional untuk mengelola pola dagangannya. Yang harus dipelajari bagaiman pasar modern bisa menarik pelanggan meski pasar tersebut dibebankan pajak dalam barang dagangannya, demikian juga bagaimana para pedagang tradisional dapat mengatur pola pelayanannya agar dapat lebih baik lagi, sehingga dapat bersaing dengan pasar modern.

Harapannya dengan adanya  rehab pasar tradisional di Pasar Patanak, kodisi pasar dari pedagang lokal akan lebih bagus dan higenis, demikian juga para pedagang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat dengan kondisi kios yang lebih bagus. Masyarakat Pulang Pisau kata Fitriadie masih membutuhkan pasar tradisional, karena kelengkapan dapur, bahan pokok  dan barang lainnya yang tidak dapat ditemui di pasar modern.

'Kita berharap para pedagang lokal dapat bersaing dengan pasar modern, yang tentunya dari sisi kelengkapan barang dan harga yang harus lebih murah,' katanya. (JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru