Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Bertekad Tingkatkan Ekonomi Berbasis Sumberdaya Lokal

  • Oleh Norhasanah
  • 07 Desember 2016 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara bertekad meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk mendorong terwujudnya pembangunan ekonomi berbasis sumberdaya lokal yang efisien dan berdaya saing tinggi. Juga pembangunan dalam rangka reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik, dan sejumlah program unggulan lainnya.

'Kami berharap apa yang menjadi program pemerintah dapat berjalan dengan baik sesuai harapan,' kata Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, Selasa (6/12/2016), menanggapi penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sukamara Tahun Anggaran 2017.

Kesepakatan ditandatangani antara Pemkab Sukamara dengan DPRD Sukamara pada Rapat Paripurna ke-14 Masa Persidangan III tahun sidang 2016. Kesepakatan tersebut diharapkan dapat memberikan arah bagi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan ke depan.

Bupati Sukamara, Ahmad Dirman mengatakan dengan ditandatanganinya KUA, PPAS dan APBD, diharapkan pihak terkait segera menyelesaikan penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2017. Pasalnya, saat rancangan sudah terlambat dari jadwal semestinya.

'Melaksanakan perencanaan anggaran harus sesuai mekanisme yang berlaku, serta memiliki komitmen tinggi untuk mengelola anggaran secara cermat, bersih, efisien, berkeadilan dan bertanggungjawab. Dengan begitu, jalannya pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Sukamara dapat berhasil dengan baik,' kata Ahmad Dirman.

Dirman menjelaskan APBD Sukamara 2017 adalah instrumen kebijakan fiskal yang harus arahkan untuk memecahkan masalah dan menjawab isu-isu strategis ke depan. Utamanya dalam mendekatkan tercapainya sasaran-sasaran rencana pembangunan jangka menengah daerah. 

Berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) serta sinkronisasi, prioritas program atau kegiatan dalam penyusunan APBD 2017 di antaranya pembangunan bidang pendidikan, untuk memberikan pelayanan pendidikan berkualitas di semua jenjang.

"Lainnya, pembangunan bidang kesehatan untuk menjamin dan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang merata dan mudah dijangkau," tutur Dirman.

Selain itu, Ahmad Dirman menguraikan beberapa program prioritas Pemkab Sukamara. Yaitu, meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat untuk mendorong terwujudnya pembangunan ekonomi berbasis sumberdaya lokal yang efisien dan berdaya saing tinggi. Lalu, pembangunan dalam rangka reformasi birokrasi dan tata kelola kepemerintahan, pembangunan dalam rangka penanggulangan masalah kesejahteraan sosial dan pembangunan dalam aspek tata ruang, pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup. (MG-13/N).

Berita Terbaru