Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hilirisasi, Kunci Dongkrak Produktivitas Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 21 Desember 2016 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) bersama pemerintah tengah menyelesaikan peta jalan strategi peningkatan industri yang memiliki empat gugus di dalamnya, yakni industri berbasis agro, ekonomi kreatif, pariwisata, dan manufaktur.

"Jika dilihat dari hulu, sawit masuk dalam agro, tetapi sawit memiliki produk hilir yang menjadi tugas kita bersama untuk meningkatkan produktivitasnya," kata Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta, kepada pers di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Arif mencontohkan, dengan kebijakan bauran energi lewat aspek keberlanjutan, mewajibkan pemakaian bahan bakar diesel mesti 20% berasal dari sawit. Hasilnya dinamakan biodiesel.

"Langkah berikutnya ialah mengembangkan mutual recognition atau kesadaran bersama akan pentingnya penghiliran sawit sehingga mampu mendorong industri sawit agar lebih kompetitif, agresif, dan diterima masyarakat luas, baik dalam maupun luar negeri," papar dia.

Arif menambahkan, perlu digencarkan moratorium pengembangan lahan baru untuk sawit, dengan maksud agar lebih fokus melakukan hilirisasi sawit dari lahan yang sudah ada. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru