Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Tangani Tiga Penderita kaki Gajah

  • Oleh Uriutu
  • 06 Januari 2017 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan menangani tiga warga penderita kaki gajah atau filariasis selama dua tahun terakhir.

Kepala Dinkes Barsel Daryomo Sukiastono mengatakan, ketiga warga penderita filariasis itu saat ini sudah mendapat penanganan dari petugas medis.

'Kami juga sudah mengambil sampel darah warga lain di sekitar lokasi tempat tinggal mereka guna mengetahui kemungkinan tertular,' kata Daryomo kepada Borneonews, Jumat (6/1/2017).

Ia menuturkan, pada 2015 lalu ada dua warga menderita kaki gajah. Keduanya warga Desa Bantai Bambure dan Danau Bambure, Kecamatan Dusun Utara. Kemudian, pada 2016 kembali ditemukan seorang warga Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, menderita penyakit serupa. Jadi total penderita filariasis ada tiga orang.

Ia menuturkan, filariasis disebabkan cacing parasit nematoda yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk.

'Gejala umum yang terlihat adalah terjadinya membesarnya tungkai bawah bagian kaki dan kantung zakar. Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit kaki gajah,' sebut dia.

Daryomo pun mengimbau masyarakat supaya peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan selalu membersihkan tempat penampungan air yang menjadi tempat bersarangnya nyamuk. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru