Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rektor UMK Dukung Aksi Sejuta Buku

  • Oleh Nazir Amin
  • 12 Januari 2017 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Kudus - Rektor Universitas Muria Kudus (UMK), Suparnyo mendukung aksi sejuta buku yang digagas mahasiswa UMK. Mahasiswa Universitas Muria Kudus yang tergabung dalam Kelompok Pecinta Buku (KPB) Serambi, merealisir Aksi Sejuta Buku, dan mendapat respon positif dari Rektor Suparnyo.

Rilis Humas UMK, Rosidi, Kamis (12/1/2017), menyebutkan, Aksi Sejuta Buku, gerakan untuk menghimpun buku dari masyarakat, untuk kemudian disumbangkan melalui lembaga-lembaga atau organisasi kepada yang membutuhkan.

''Ini gerakan positif, wujud nyata perhatian dan kepedulian generasi bangsa untuk ikut berpartisipasi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,'' ujar Suparnyo, Kamis (12/1/2017).

Suparnyo menyebutkan, gerakan mahasiswa itu menarik, karena faktanya, budaya baca masyarakat Indonesia secara umum masih lemah. ''Bisa jadi masyarakat kurang membaca karena secara ekonomi, masih lemah. Sehingga membeli buku atau literatur lain, belum menjadi prioritas.''

Untuk itu, lanjut rektor menambahkan, gerakan sebagaimana Aksi Sejuta Buku yang dilakukan para mahasiswa UMK yang tergabung dalam KPB Serambi, mesti mendapatkan dukungan.

''Sebagai pimpinan, saya mengimbau sivitas akademika UMK, baik dosen maupun mahasiswa, mendukung gerakan ini dan menyumbangkan buku-buku yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan,'' tuturnya.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMK, Syafiq Bulloh Amin juga mendukung aksi rekan-rekannya itu. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan jajaran pengurus BEM. "Secara kelembagaan, BEM UMK siap mendukung penuh Aksi Sejuta Buku ini."

Islahul Muttaqin, salah satu penggiat KPB Serambi, mengatakan, sudah ada ratusan buku sumbangan sivitas akademika UMK dan masyarakat. ''Tidak hanya dari Kudus, kemarin ada juga sumbangan buku yang cukup banyak dari salah satu warga Tembalang, Semarang.'' (HUMAS UMK/*/N).

Berita Terbaru