Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Pengunjung Perpustakaan Keliling Menurun, Ini Alasan DPK

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Januari 2017 - 14:49 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Program Perpustakaan Keliling (Pusling) yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sukamara pada tahun 2016 mengalami penurunan jumlah pengunjung dari tahun sebelumnya. Yakni dari 2.140 di tahun 2015 menjadi 1.944 pengunjung.

Kepala Seksi Pelayanan Pustakawan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia DPK Sukamara, Indah Kurniawati mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penurunan tersebut. Salah satunya, pusling tidak mengikuti kegiatan safari Ramadan yang digelar pemkab ke sejumlah kecamatan.

'Tahun-tahun sebelumnya untuk kegiatan safari Ramadhan biasanya perpustakaan keliling selalu mengikuti, Namun tahun 2016 lalu memang tidak sempat karena surat pemberitahuan jadwal pelaksanaan safari Ramadhan tidak sampai ke kami,' kata Indah, Jumat (13/1)

Selain itu, penurunan jumlah pengunjung pusling juga dipengaruhi pada Sukamara Fair 2016 lalu karena lokasi stand yang disediakan kurang strategis. Sehingga masyarakat tidak banyak yang mengetahui stand milik perpustakaan.

'Dari dua kegiatan tersebut memang cukup berpengaruh terhadap tingkat kunjungan masyarakat untuk kegiatan perpustakaan keliling. Kami juga belum mengeluarkan koleksi buku-buku terbaru karena belum diolah,' ujarnya.

Meski demikian pihaknya ke depan jumlah pengunjung perpustakaan keliling maupun perpustakaan yang ada di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sukamara akan semakin meningkat. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru