Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PKS Dibekali Tentang Aturan Berlalulintas

  • 26 Januari 2017 - 09:03 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) membentuk Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Anggota PKS akan dibekali dengan tata cara mengatur lalu lintas dan sejumlah aturan berlalulintas di jalan raya.

Kasatlantas Polres Kobar, AKP Asdini Pratama Putra mengungkapkan, selain program 'Police Goes to School' dan Polisi Sahabat Anak, kegiatan PKS ini merupakan salah satu bentuk kerjasama dengan pihak sekolah terkait bidang lalulintas.

"Pelajar yang menjadi anggota PKS akan mendapat pelatihan dari kami," ungkap Asdini, Kamis (26/1/2017).

Dijelaskan Kasat, tidak ada kriteria khusus yang dipilih dari siswa yang akan menerima pelatihan, yang terpenting memiliki kemauan dan tidak merasa terbebani.

"Yang penting juga dia memiliki kemauan untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas," katanya.

Soalnya, pelajar yang diberi pelatihan nantinya akan membantu tugas dalam bidang lalulintas. Terutama membantu pengaturan lalu lintas di depan sekolah, baik saat masuk dan juga pulang sekolah.

Selama pelatihan, para peserta nantinya akan diberikan materi seperti UU Nomor 22/2009 tentang LLAJ, 12 gerakan pengaturan lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas dan penanganan awal terhadap korban kecelakaan lalu lintas.

Pelatihan semacam ini, sebut Asdini, dinilai penting dalam pembentukan karakter anak, sehingga para siswa mampu menerapkan sikap tertib dan disiplin baik di sekolah maupun dalam berlalulintas.

"Diharapkan tumbuh kesadaran siswa terhadap tata tertib dan cara berlalulintas yang baik. serta membentuk siswa agar disiplin, tegas dan bertanggung jawab dalam melaksanaan tugas," pungkasnya.(FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru