Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Hanya Terpaku pada Lensa Lebar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 Februari 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sering kali, penyuka fotografi merasa cukup percaya diri dengan bermodalkan lensa sudut lebar wide angle untuk mendapatkan objek bagus, termasuk memotret fenomena matahari tenggelam (sunset) atau matahari terbit (sunrise).

Fadil, anggota komunitas fotografi Citra Kecubung Photography Kotawaringin Barat (CKPC) menyarankan jangan hanya terpaku pada lensa tersebut jika ada pilihan lain.

"Manfaatkan rentang lensa yang lain, misalnya, lensa tele. Karena lensa tele juga bisa menambah daya tarik foto sunset adalah siluet," ujar Fadil.

Menurutnya, siluet memberi kesan yang kuat, serta memberi cerita dalam foto. Apalagi jika Anda memotret sunset di lokasi yang memiliki identitas kuat.

Selain itu, menurutnya si fotografer juga bisa memanfaatkan mode focus manual pada lensa. "Karena sinar matahari saat sunset memiliki kualitas cahaya yang lumayan ekstrim. Kadang menyulitkan sebuah kamera untuk menemukan fokus. Jika Anda menggunakan mode auto focus. Bila hal ini terjadi, segera ganti ke mode manual sehingga kita tidak menyia-nyiakan waktu menunggu kamera menemukan titik fokus," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-10)

Berita Terbaru