Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Tips Menanam Cabai agar Terhindar dari Kerugian

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 01 Maret 2017 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat harga cabai melambung tinggi seperti saat ini, banyak petani yang mulai melirik komoditas ini. Namun banyak di antara mereka yang belum memahami teknik bertanam cabai yang benar, sehingga petani gagal panen dan mengalami kerugian besar.

Pilih bibit tahan cuaca ekstrem

Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Karya Baru Mandiri Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Syahrian mengatakan saat ini cuaca di Kabupaten Kotawaringin Barat tergolong ekstrem, sehingga untuk menyiasati cuaca yang berdampak pada tanaman caba, petani harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya, pemilihan bibit yang harus disesuaikan dengan cuaca.

Menurutnya untuk cuaca yang terbilang ekstrem seperti saat ini, ada dua varietas yang bisa dijadikan acuan, yakni jenis Bhaskara dan Raga. " Kedua varietas tersebut tahan terhadap cuaca," saran Syahrian.

Kurangi pupuk kimia

Selain itu, dalam bertanam cabai, mesti diusahakan tidak terlalu banyak menggunakan pupuk kimia, apalagi secara tidak beraturan. Kenapa karena itu justru akan membuat pertumbuhan tanaman tidak maksimal.

Selain itu, tentu saja, diperlukan ketelatenan, ketelitian, keuletan dan keahlian. "Jika memang prosedurnya sebagai seorang petani cabai dari awal dilaksanakan, Insya Allah kita tidak perlu ragu untuk menanam cabai," ujar dia. (KOKO SULISTYO/B-10)

Berita Terbaru