Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agar Kapal Tidak Terganggu Kedangkalan, Pelindo III Siap Keruk Alur Sungai Mentaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Maret 2017 - 16:03 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna melancarkan lalu-lintas kapal di Sungai Mentaya, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), PT Pelindo III siap melakukan pengerukan terhadap alur yang dangkal tersebut.

"Kami siap memperdalam alur Sungai Mentaya. Namun hingga saat ini masih menunggu regulasi dari Menteri Perhubungan," ujar Direktur Komersial dan Operasional PT Pelindo III, Mohammad Iqbal saat berkunjung ke Sampit, Selasa (21/3/2017).

Hal itupun, kata Iqbal, sudah disampaikan  kepada Kementerian Perhubungan. Ia menganggap beberapa titik di Sungai Mentaya memang sudah dangkal sehingga mengganggu arus lalu-lintas kapal.

Terutama kapal besar, di mana hanya bisa melintas saat sungai pasang saja. Sedangkan saat surut, tidak bisa dilewati, karena kalau dipaksakan kapal akan kandas.

"Adanya hal itu sangat mengganggu arus pelayaran, dan itu sangat tidak menguntungkan bagi dunia usaha," kata Iqbal.

Pelabuhan Sampit menjadi perhatian Pelindo III karena potensinya masih sangat besar. Untuk itulah, Pelindo III bersama pemerintah berupaya mengatasi berbagai kendala yang masih dihadapi dalam pengembangan pelabuhan terbesar di Kalteng tersebut.

"Jika lalu lintas makin lancar maka biaya produksi juga bisa ditekan. Dampaknya, harga barang bisa turun. Hal itulah yang kami inginkan," kata Iqbal. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru