Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal ASDP Kumai - Kendal Sepi Penumpang

  • Oleh Cecep Herdi
  • 22 Maret 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kapal Kalibodri milik Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang biasa melayani rute Kendal (Jawa Tengah) - Kumai (Kalimantan Tengah), kini sepi penumpang. Akibatnya, jadwal keberangkatan kapal yang tadinya dua kali dalam seminggu, kini hanya sekali keberangkatan saja.

"Sepi, kadang ada 15 orang penumpangnya, kadang tidak ada sama sekali," aku Kepala UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai atau roll on roll off (roro), Ernas, Rabu (22/3/2017).

Kendalanya kata dia, akses jalan menunu pelabuhan yang berada di Tempenek Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat ini rusak parah. Ia memperkirakan, penumpang yang biasa menggunakan jalur laut untuk menyeberang ke Jawa Tengah lebih memilih ke Pelabuhan Panglima Utar, Kumai.

"Kalau truk besar masih. Biasanya setiap keberangkatan kapal ada 10 sampai 15 truk besar. Kalau kedatangan dari Kendalnya juga ada sekitar 10 truk besar," terangnya.

Menurut salah satu penumpang asal Pangkalan Bun, Suryono, pemerintah perlu memperbaiki jalan menuju pelabuhan tersebut. "Jalan dari Bundaran Simpang Lima sampai ke pelabuhan rusak, berlubang. Terus kalau malam juga kurang penerangan di jalannya. Harus segera diperbaiki supaya pelabuhan itu ramai dan ekonomi masyarakat di wilayah itu meningkat," katanya. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru