Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manajemen Stok Komoditas Antar Kabupaten di Kalteng Masih Lemah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 29 Maret 2017 - 13:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kondisi geomorfologi berbeda-beda antara satu daerah dengan lainnya di Kalimantan Tengah (Kalteng) membuat masing-masing memiliki perbedaan dalam produksi komoditas di tiap wilayah.

Sayangnya kordinasi antar daerah yang masih lemah membuat manajemen stok komoditas antar kabupaten tidak mampu saling mengisi untuk mengatasi kelangkaan komoditas tertentu di daerah lainnya.

Idealnya, antar kabupaten dapat saling tukar pasokan guna memenuhi kebutuhan internal provinsi ini ketimbang menggantungkan pasokan dari luar. Namun yang terjadi masih tak berdaya guna mengatasi kekurangan kebutuhan komoditas tertentu di suatu daerah.

'Ini akibat kordinasi kita yang lemah. Dengan kondisi geomorfologi yang berbeda di Kalteng harusnya bisa saling pasok. Kenyataannya, cenderung tidak terserap dalam Kalteng sendiri sehingga dibawa ke luar, dibagian lain wilayah Kalteng justru berharap pasokan luar,' poin penting Gubernur Kalteng yang disampaikan Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Lubis Rada Inin di kantor Perwakilan BI Kalteng, Rabu (29/3/2017).

Karena itu dia berharap peran tim pengendali inflasi daerah (TPID) seluruh kabupaten/kota dalam rangka pemetaan kebutuhan dan ketersediaan bahan pangan serta pemantauan harga. Penekanan gubernur selanjutnya terkait upaya semua pihak untuk mendorong transparansi harga antara produsen-konsumen sehingga tidak menimbulkan gejolak penaikan harga. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru