Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan masih Turun di Bulan April

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Maret 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut, Palangka Raya, memprediksi musim hujan di Provinsi Kalimantan Tengah segera berakhir. Namun di sepanjang April, BMKG memperkirakan masih akan turun hujan.

"Analisis hujan bulanan kita, Februari kemarin masih cukup dingin terutama di Kalteng bagian tengah dan selatan. Tapi untuk kawasan Barito, kami dapat laporan dari stasiun di Muara Teweh, bahwa di kawasan Barito curah hujan cukup rendah dan ini karena memang sifat hujannya di bawah normal," ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Tjilik Riwut Anton Budiyono kepada Borneonews, Kamis (30/3/2017).

Lebih lanjut, ia menuturkan. pihaknya telah memperkirakan cuaca untuk tiga bulan ke depan. "Prakiraan hujan bulanan untuk tiga bulan ke depan kita sudah ada dan untuk April tampaknya curah hujan untuk sebagian besar wilayah Kalteng masih cukup tinggi," tambah Anton.

Terutama untuk wilayah Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, dan Murung Raya. Meski masih sering turun hujan, Anton menyebut bulan April juga menjadi masa peralihan dari musim hujan ke kemarau. Karena sebenarnya di April suhu permukaan air laut sudah mulai naik atau dikenal dengan istilah El Nino. Namun tingkatannya masih sangat rendah.

"El Nino sudah kita prediksi mulai April sampai Agustus. Kita prediksi El Nino pada bulan April sampai Juli dengan kriteria masih lemah. Tetapi di Agustus sudah meningkat," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru