Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa MAN Model Pilih Pengurus OSIS Secara Langsung

  • Oleh Dewi Kencana Waty
  • 13 Februari 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sabtu (11/2) pagi halaman MAN Model Palangka Raya beda dari biasanya. Di sana ada sejumlah bilik suara lengkap dengan panitia pemungutan suara. Sebab, pada hari itu siswa-siswi madrasah tersebut sedang melaksanakan pesta demokrasi untuk pengurus OSIS.

Pemilihan pengurus OSIS periode 2017-2018 tersebut dilakukan secara langsung layaknya sistem pemilu (pemilihan umum). Setiap siswa diberi kesempatan memilih satu dari lima calon yang bersaing, yakni Nailu Wardah (kelas X MIPA-6), M Indika (kelas X Agama), Bayu Eko Purnomo (kelas X IS-2), Vina Maulidha (kelas X MIPA-4), dan Fitra Nurbintang (kelas X MIPA-4).

Sebelumnya, lima kandidat tersebut melakukan kampanye untuk memaparkan visi, misi dan program kerjanya di hadapan siswa lainnya. Usai kampanye, pemilihan pun dilakukan.

Setiap siswa hanya mempunyai satu hak suara yang disalurkan melalui kertas suara yang berisi nama dan foto kandidat. Sebagai bukti telah berpartisipasi, para siswa mencelupkan jari kelingking kiri pada tinta ungu yang telah disediakan panitia.

'Sekolah sengaja melakukan pemilihan pengurus OSIS seperti sistem pemilu. Hal ini untuk mengajarkan siswa berdemokrasi,' kata Plt Kepala MAN Model Palangka Raya Sodikul Mubin, kemarin, di Palangka Raya.

Dengan menggunakan sistem pemilu dalam pemilihan pengurus OSIS, menurut Sodikul, maka siswa-siswi sudah diedukasi sejak dini tentang cara berdemokrasi yang baik dan benar.

'Kegiatan ini merupakan langkah sekolah untuk melatih anak-anak agar menjadi pribadi partisipatif, sehingga tidak ada lagi yang namanya golput pada masa mendatang,' tandas Sodikul.

Berdasarkan hasil penghitungan suara yang dilakukansecara terbuka, terpilih empat pengurus inti OSIS MAN Palangka Raya masa kepengurusan 2017-2018. Meraih suara terbanyak Nailu Wardah sebanyak 386 suara, M Indika sebanyak 109 suara, Bayu Eko meraih 69 suara, dan Vina Maulidha meraih 18 suara. (DEWI KENCANA WATY)

Berita Terbaru