Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ingin Dana BOS Cair, SMA/SMK Diminta Siapkan Dan Susun Rencana Kegiatan Anggaran

  • Oleh Uriutu
  • 09 Mei 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bagi SMA/SMK di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) yang hendak mencairkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diminta menyiapkan dan menyusun Rencana Kegiatan Anggaran (RKA).

Kepala Dinas Pendidikan Barsel Jumadi mengatakan, RKA merupakan salah satu syarat untuk pencairan dana BOS berdasarkan perubahan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 8 Tahun 2017 tentang Juknis BOS.

Keterlambatan pencairan BOS SMA/SMK, selain disebabkan perubahan Permendikbud juga dampak dari peralihan kewenangan pengelolaan administrasi dari pemerintah kabupaten ke pemerintah provinsi. 'Saya meminta kepada SMA/SMK agar segera menyiapkan dan menyusun RKA sesuai peraturan yang diterbitkan oleh Kemendagri,' kata Jumadi kepada Borneonews, Selasa (9/5/2017).

Ia menuturkan, RKA tersebut terkait dengan apa saja program maupun penggunaan anggaran di sekolah. Jika RKA tidak disusun, anggaran tidak bisa dicairkan.

Aturan ini, lanjut dia, berbeda dengan yang berlaku selama beberapa tahun terakhir. "Kalau dulu dana BOS bisa dicairkan duluan baru menyusul RKA-nya. Sekarang, setelah ada Permendikbud No 8 Tahun 2017, harus menyusun dan menyiapkan RKA terlebih dahulu. Untuk saat ini semua SMA/SMK di Barsel sedang menyusun dan menyiapkan RKA. Ya kita berharap bulan depan dana BOS bisa dicairkan,' ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru