Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

The Best Indonesia Green Awards 2017 Jadi Bukti Komitmen Astra Agro Lestari Jaga Keberlanjutan Lingkungan Hidup

  • Oleh Ediya Moralia
  • 11 Mei 2017 - 18:34 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Di tengah kritik tajam terhadap industri kehutanan yang dianggap merusak lingkungan, Astra Agro Lestari kembali membuktikan diri sebagai perusahaanyang ramah lingkungan. Penghargaan itu datang dari gelaran The Best Indonesia Green Awards (IGA) 2017. Ini penghargaan khusus bagi perusahaan yang menjaga lingkungan hidup.

IGA 2017 sebagai bukti perusahaan berhasil mengintegrasikan praktik bisnis dengan tetap mempertahankan kearifan lokal, sebuah konsep ideal membangun harmonisasi 3P, yaitu people, profit dan planet. Menjaga keberlangsungan usaha/bisnis (profit) dengan tetap mempertahankan potensi kearifan lokal (people) dan menjaga keberlanjutan lingkungan (planet).

'Penghargaan seperti ini sebagai ajang pembuktian bagi industri kehutanan untuk menjawab isu-isu sosial dan kerusakan lingkungan yang banyak disalah alamatkan,' ungkap Irjen Kementerian Lingkungan Hidup, Imam Hendargo saat memberikan sambutan dalam acara pemberian penghargaan IGA 2017 di Jakarta, baru-baru ini.

Sejalan pernyataan tersebut, Community Development Area Manager ' Borneo 1 Astra Agro Lestari Nazri Ikhwan menyatakan, tujuan akhir dari sebuah bisnis adalah dapat tumbuh dan berkembang, sejahtera bersama masyarakat. Tanpa dukungan dari masyarakat dan lingkungan, perusahaan tidak dapat bertahan lama karena tidak sustain.

'Astra memiliki komitmen tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat dan menjaga lingkungan. Kami memiliki empat pilar program Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satunya dengan menjaga keberlanjutan lingkungan tempat tinggal kita bersama, termasuk di dalamnya terdapat flora & fauna beserta habitat hidupnya,' ungkap Nazri.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Astra Agro Lestari serius menjalankan program kepedulian terhadap lingkungan hidup dengan menyediakan area khusus untuk konservasi keanekaragaman hayati dengan total luas lahan sekitar 700 hektare di Kalimantan Tengah. Atas dedikasinya menjalankan sejumlah program berbasis lingkungan, AAL dinilai berhak mendapatkan penghargaan dalam acara tahunan the Best Indonesia Green Awards 2017.

'Kami memperoleh dua penghargaan sekaligus. Penghargaan pertama diperoleh dari kegiatan konservasi keanekaragaman hayati di sekitar area konservasi PT GSIP/ AMR, dan satu lagi dari program pengelolaan sampah yang dilakukan di PT GSDI/ GSYM,' pungkasnya.

Kegiatan konservasi juga meliputi penyelamatan hutan dari deforestasi, mencegah terjadinya kebakaran hutan, mengendalikan emisi gas rumah kaca sebagai salah satu sumber polusi, monitoring flora dan fauna, rehabilitasi dan restorasi sempadan sungai dan sumber air, serta masih banyak kegiatan lain. (*/m)

Berita Terbaru