Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Penduduk di Katingan Empat Tahun Terakhir Bertambah 40 Ribu Jiwa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 Mei 2017 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jumlah penduduk di Kabupaten Katingan dari tahun ke tahun terus mengalami penambahan. Menurut Bupati Katingan Ahmad Yantenglie, dalam kurun waktu wmpat tahun terakhir 2013 - 2017 ini penambahan penduduk di daerahnya mencapai lebih dari 40 ribu jiwa.

"Saat pilkada tahun 2013 lalu jumlah penduduk di Kabupaten Katingan tercatat 127 ribu jiwa lebih. Namun dalam kurun waktu empat tahun sampai dengan 2017 ini ada kenaikan signifikan yaitu 176.000 jiwa lebih atau naik sekitar 40 ribu lebih," ucap Bupati Ahmad Yantenglie saat memberikan sambutan pada pencanangan kampung KB di Desa Tewang Kadamba Kecamatan Katingan Hilir, Kamis (18/5/2017).

Menurutnya rata-rata tiap tahun ada kenaikan jumlah penduduk sebanyak sekitar 10.000 jiwa.

"Apakah jumlah penambahan penduduk ini karena masyarakat tidak mengikuti program KB Tentu tidak, penambahan penduduk ini karena adanya warga luar daerah yang bekerja dan berdomisili di daerah kita ini untuk mencari penghidupan yang lebih baik," katanya.

Meski penambahan penduduk akhir-akhir ini cukup signifikan, akan tetapi jika dirata-rata dengan luas wilayah, setiap satu kilometer persegi maka hanya ada 9 warga.

Terkait pencanangan kampung KB ini, orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini mengatakan jika tujuannya adalah mengatur angka kelahiran.

"Sasarannya meningkatkan kesejahteraan keluargan, makanya angka kelahiran itu perlu diatur," kata Bupati Ahmad Yantenglie. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru