Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Diminta Sigap Antisipasi Kenaikan Harga Sembako

  • Oleh James Donny
  • 27 Mei 2017 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Wakil Ketua DPRD Pulang Pisau HA Fadli Rahman meminta pemerintah kabupaten untuk sigap mengantisipasi kenaikan harga pada bulan puasa dan menjelang lebaran ini.

"Kesiapan baik pengedalian harga sembako ini sudah harus dilakukan, dan pemerintah daerah sudah harus mulai memperhatikan ini karena menjelang lebaran kemungkinan melonjak," kata Fadli, Sabtu (27/5/2017).

Dia meminta kesigapan untuk menyikapi hal tersebut dilakukan segera. "Jauh-jauh hari itu sudah siap-siap, jangan sudah menjelang hari raya jadi kelabakan," ujarnya.

Demikian juga harapannya pemerintah daerah untuk meningkatkan pengawasan terhadap harga dan ketersediaan sembako di pasar.

"Kalau sudah naik pemerintah daerah harus melakukan upaya bagaimana untuk mengendalikannya, dan yang kita antisipasi jangan sampai barang mengalami kelangkaan di pasaran," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Dinas Peridustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Fitriadie mengatakan fenomena kenaikan barang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

Harapannya agar kenaikan harga sembako ini tetap berada dalam posisi yang wajar dan tidak memberatkan masyarakat pembeli.

Peningkatan permintaan di bulan ramdhan dan lebaran menurutnya merupakan hal yang biasa, dan terjadi setiap tahun.

'Selain ramdhan dan puasa, biasanya inflasi terjadi juga pada hari raya agama lainnya, dimana setiap bahan pokok mengalami kenaikan yang cukup signifikan, namun harga tersebut akan berangsur-angsur turun lagi karena permintaan juga menurun,' terangnya.

Pihaknya juga akan melakukan survei harga sekaligus akan melakukan inspeksi terhadap bahan pokok yang tidak layak konsumsi akibat bahan kimia, kadaluarsa dan sebagainya oleh Tim Satgas Pangan.(JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru