Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Ada 450 Orangutan yang Direhabilitasi di Nyaru Menteng

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Mei 2017 - 10:20 WIB

BORNEONEWS,Palangka Raya ' Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation di Nyaru Menteng masih merehabilitasi 450 orangutan. Jumlah ini melebihi kapasitas karena idealnya diisi 300 indvidu.

'Kami masih merehabilitasi 450 orangutan. Kami harus bergerak cepat menjalankan siklus penyelamatan, rehabilitasi dan pelepasliaran. Setiap orangutan yang lulus sekolah hutan, akan masuk ke pulau pra-pelepasliaran sebelum benar-benar dilepasliarkan,' kata CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite dalam rilis yang diterima Borneonews, Minggu (28/5/2017).

Dia menuturkan, tahun ini, BOS rencananya memindahkan 100 orangutan ke Pulau Salat yang terletak di Delta Sungai Kahayan, Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam kegiatan itu, Yayasan BOS bekerjasama dengan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) untuk mengolah lahan di pulau tersebut seluas 2.089 hektare. Dari luasan lahan ini, BOS dapat jatah 655 hektare.

'Berdasarkan survei kawasan ini dinilai memiliki hutan yang berkualitas, terisolasi oleh air sungai sepanjang tahun dan tidak teridentifikasi terisi oleh populasi orangutan liar. Kemudian, cukup luas untuk mendukung kemampuan adaptasi, sosialisasi, ketersediaan pakan yang cukup dan mampu menampung 200 orangutan,' ungkapnya. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru