Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komitmen Pemuda Kalteng: Garda Terdepan Penghalau Radikalisme dan Intoleransi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 31 Mei 2017 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Menyambut peringatan kali pertama hari lahirnya Pancasila 1 Juni besok, ada sejumlah catatan wajah kebhinekaan di Indonesia sekarang ini. Terlebih khusus di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menjadi spesial karena dinobatkan sebagai Bumi Pancasila.

Pemuda Kalteng yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalteng menegaskan sikap dan komitmennya untuk menjaga Kalteng sebagai Bumi Pancasila.

Yakni menjadi garda terdepan sebagai kader pemersatu, dan menolak radikalisme dan intoleransi karena mengancam keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara.

'Karena ini sejalan dengan komitmen pemuda yang akan terus menjadi garda terdepan sebagai kader pemersatu, tetap berkomitmen terhadap empat konsesus dasar negara, serta menolak bentuk paham paham radikalisme dan intoleransi,' tegas Sekretaris KNPI Kalteng, Aan Nurhasan, Rabu (31/5/2017).

'KNPI sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan memperingati hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2017 di Tugu Soekarno besok. Tentu menjadi momentum yang sangat baik untuk kembali menegaskan kembali Provinsi Kalteng berjuluk Bumi Tambun Bungai ini sebagai Bumi Pancasila yang menghargai keragaman dan kemajemukan baik suku, agama dan ras dan antar golongan,' lanjutnya.

Diketahui, tahun ini adalah kali pertama memperingati Hari Lahir Pancasila. Ini hari lahir yang ke-72, sama dengan kemerdekaan Indonesia.

Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan dijadikan tanggal merah (libur) dilakukan melalui Keputusan Presiden (Keppres), yang ditandatangani langsung Presiden Jokowi. Ini pertama kali diperingati, karena Keppres baru terbit tahun lalu. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru