Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Harus Antisipasi Jumlah Tiket Mudik Lebaran

  • Oleh Cecep Herdi
  • 05 Juni 2017 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Beberapa tiket mudik lebaran tahun ini dari transportasi laut dan udara yang sudah dibuka penjualannya oleh pihak penyedia jasa angkutan langsung diburu calon pemudik. Alhasil, baru sepekan dibuka khususnya tiket pesawat jurusan Pangkalan Bun - Semarang sudah ludes. Bukan hanya satu maskapai, tapi semua maskapai yang menyediakan rute ke Jawa Tengah tersebut.

Tak jauh berbeda dengan tiket kapal laut. Sejak dibukanya tiket Dharma Lautan Utama dan Pelni, dua kantor cabang itu langsung diserbu masyarakat. Setiap hari kantor cabang itu tak pernah sepi. Antrean pembeli tiket terus berlangsung.

Untuk mengantisipasi kekurangan tiket, Bupati Kobar Hj Nurhaidayah meminta Dinas Perhubungan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Termasuk pengajuan kepada PT Pelni pusat untuk menambah jadwal kunjungan kapal laut khusus angkutan mudik lebaran. Selain itu, tiket pesawat juga diminta untuk pengajuan ekstra flight.

"Khususnya Dinas Perhubungan untuk mengantisipasi masalah tiket mudik atau lonjakan pemudik supaya terakomodasi semua," kata Nurhidayah, Sabtu (3/6/2017).

Kepala Dinas Perhubungan Kobar Petrus Rinda mengungkapkan pemudik dari Kobar dijamin akan terangkut semua. "Untuk transportasi udara kita sudah mengajukan ekstra flight ke Trigana dan Garuda. Kemudian untuk lautnya kita ajukan juga ke Pelni untuk menambah jumlah keberangkatan kapal. Mudah-mudahan terakomodasi semua pemudiknya," kata Petrus.

Ia juga optimistis meski tahun ini diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemudik sebanyak 5 sampai 10%. "Untuk angkutan mudik lewat jalur laut kami juga ada ASDP kapal Kalibodri ke Kendal itu bisa mengangkut hingga 700 penumpang sekali jalan," imbuhnya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru