Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arus Mudik di Pelabuhan Sampit Meningkat, 911 Penumpang Diberangkatkan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Juni 2017 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Memasuki H-16 hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah, arus mudik di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai mengalami kenaikan. Di mana pada Kamis (8/6/2017), sedikitnya 911 penumpang berangkat ke Semarang.

"Hari ini ada 911 orang penumpang yang berangkat ke Semarang," ujar Kepala PT Pelni Cabang Sampit Agus Suprijatna, Kamis (8/6/2017).

Ratusan penumpang tersebut berangkat naik KM Kelimutu yang berkapasitas 1.600 penumpang. Dengan adanya hal itu maka peningkatatan penumpang sudah mulai terjadi, bahkan naik dari hari-hari sebelumnya, yang hanya berkisar 200-300 orang saja.

"Peningkatan sudah mulai terjadi, namun untuk padatnya akan terjadi pada H-15," lanjut Agus.

Diperkirakan, mulai naiknya penumpang arus mudik saat ini karena banyak karyawan sawit yang memilih pulang lebih awal.

Hal itu agar tidak berdesakan dan tetap kebagian tiket kapal yang saat ini ada pembatasan kapasitas. Sehingga untuk mengatasinya, mereka lebih dulu berangkat. Agar bisa lebih lama lagi bersama keluarga.

Dengan meningktanya arus mudik ini, penjagaanpun sudah mulai diperketat. Dimana pihk Pelni juga mengantisipasi terjadinya penumpang ilegal yang tidak memiliki tiket.

"Kami tidak ingan ada penumpang yang tanpa tiket, makanya pemeriksaan tiekt sudah diawali dari pintu masuk, hingga di atas kapal nantinya," kata Agus.

Sementara, untuk arus mudik tahun ini diperkirakan mengalami penurunan yakni hanya 16.000 orang saja. Hal itu dikarenakan adanya pengurangan karyawan di perusahaan sawit di Kotim. Sedangkan untuk Pelni sendiri menyediakan 9 keberangkatan atau call, guna melayani penumpang yang akan berangkat dari pelabuhan sampit. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru