Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Karamuan Gunakan DD dan ADD untuk Bangun Jalan

  • Oleh Ramadani
  • 18 Juni 2017 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Desa Karamuan, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara pada tahun anggaran 2016 telah membangun jalan sepanjang 10 kilo meter dari Km 32 jalan negara Muara Teweh-Puruk Cahu menuju Kampung Karamuan menggunakan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD).

Kepala Desa Karamuan, Sishan Kamrata mengatakan pembukaan badan jalan ini untuk membuka keterisolasian. Desa Karamuan terletak di pinggir sungai Barito, sehingga akses yang digunakan selama ini hanya menggunakan jalur sungai, sedangkan akses darat masih belum ada, maka dari itu atas kesepakatan warga dibuka jalan dengan lebar 8 meter dan panjang 10 Km.

Sedangkan pada 2017 ini dana DD akan digunakan untuk membangun Posyandu, pengerasan jalan, dan penembangan pohon untuk pembersihan badan jalan dekat desa.

'Sedang penggunaan ADD selain keperluan ATK dan untuk peningkatan kafasitas aparatur desa,' ujarnya.

Selama ini merealisasi program kegiatan yang sudah direncanakan, kita masih menunggu pencairan anggaran ADD maupun DD untuk tahun anggaran 2017. Bila itu sudah ada pencairan, maka semua program berdasarkan hasil sudah disepekati dalam musrenbangdes yang direalisasikan melalui penetapan APBDes. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru