Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cara Aman Bertransaksi dengan Uang Rupiah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Juni 2017 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ada cara mudah dan sudah populer untuk mengenali keaslian rupiah yakni Dilihat, Diraba, dan Diterawang (3D).

Hal itu kembali disosialisasikan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Tengah dalam kegiatan training of trainer (ToT) Ciri Keaslian Rupiah, Selasa (20/6/2017)

"Kita harus ketahui cara mengenali keaslian uang Rupiah dengan cepat dan praktis. Mengandalkan indera penglihatan dan peraba melalui 3D dapat membantu memastikan keaslian uang Rupiah. Dengan tiga langkah mudah ini, Anda akan lebih aman dalam bertransaksi menggunakan uang Rupiah," ungkap Wuryanto, Kepala Perwakilan BI Kalteng saat membuka kegiatan di Ballroom Aquarius, Palangka Raya.

Selain itu, Wuryanto juga mengingatkan bahwa pengecekan keaslian uang Rupiah dengan metode 3D ini akan lebih mudah dilakukan pada uang baru. Karenanya, masyarakat diharapkan untuk memperlakukan uang Rupiah dengan baik.

"Memang uang lecek atau tidak layak edar akan ditarik oleh BI kemudian dimusnahkan. Sebagai gantinya, BI akan mencetak lagi uang baru sesuai dengan jumlah yang dimusnahkan. Biaya cetaknya tentu juga akan menjadi beban negara. Karenanya selain mengecek keaslian uang Rupiah, kita juga minta semuanya untuk menjaga kondisi uang Rupiah," jelas Wuryanto lagi.

Kegiatan ini diikuti oleh generasi muda terutama mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI). Wuryanto menyebut memang kegiatan ini menyasar pada generasi muda.

"Kaderisasi generasi muda yang mau kita lakukan. Generasi muda harus memahami hal-hal ini. Sehingga kita harapkan mulai dari merekalah mindset tentang uang akan berubah kemudian menular kepada lingkungan keluarga masing-masing," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru