Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rp23 Miliar Dianggarkan untuk Rumah Ibadah Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Juni 2017 - 10:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akhmad Fordiansyah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pelangka Raya mengatakan tahun ini pemerintah kota mengalokasikan anggaran  Rp23 miliar untuk membantu operasional pembangunan rumah ibadah.

"Anggaran ini diperuntukan bagi seluruh agama, namun anggaran paling besar dialokasikan untuk agama Islam," ungkapnya saat diwawancarai di sela kegiatan buka puasa bersama di rumah jabatan wali kota, Kamis (23/6/2017) malam.

Hal ini terjadi menurut Fordiansyah bukan berarti ada diskriminasi dengan alasan uamat Islam adalah warga mayoritas, tapi lebih karena dari total jumlah umatnya, agama Islam lebih banyak sehingga pembagian yang dilakukan sudah secara proporsional.

"Dilihat dari proposal yang masuk, pemohon kebanyakan masjid dan musala. Namun setiap permohonan itu akan diverifikasi untuk menentukan kelayakannya. Serangkaian verifikasi dilakukan oleh tim sebelum menyetujui bantuan untuk rumah ibadah itu," jelasnya.

Menurutnya, verifikasi merupakan sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena tidak menutup kemungkinan ada proposal bodong atau permohonan bantuan untuk rumah ibadah fiktif.

"Jadi tim turun langsung ke lapangan untuk memverifikasi. Sehingga harapan kita penyalurannya dapat tepat sasaran. Ppenyaluran bantuan rumah ibadah untuk agama Islam dilakukan saat safari Ramadan kemarin yang berakhir saat ini dengan diadakannya buka puasa bersama di rujab Wali Kota sebagai penutupan. Sedangkan untuk Kristen akan dilakukan saat safari Natal nanti," jelasnya.

Pihaknya meminta pengurus rumah ibadah tidak berkecil hati jika permohonannya belum dikabulkan, karena anggaran yang tersedia sangat terbatas sehingga pembagiannya pun dilakukan secara proporsional dan menjunjung tinggi asas keadilan. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru