Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Gelar Diklat Kearsipan Untuk Perangkatnya

  • Oleh James Donny
  • 18 Juli 2017 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Badan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pulang Pisau menggelar Pendidikan dan Latihan bagi unit satuan perangkat kerja yang ada di lingkungan Pemkab Pulang Pisau, Selasa (18/7/2017).

Kegiatan yang digelar di Aula Bappedalitbang Pulang Pisau ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Pulang Pisau, Saripudin. Dalam sambutannya Plt Sekda mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan program gerakan nasional dalam upaya menjadikan arsip sebagai tulang punggung pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan kehidupan kebangsaan pada ranah pemerintah dan yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat.

"Untuk mewujudkan penyelenggaraan kearsipan daerah yang komprehensif dan terpadu, lembaga kearsipan daerah perlu membangun suatu sistem kearsipan daerah, ini berfungsi untuk menjamin ketersediaan autentik, utuh, terpercaya dan mengidentifikasi keberadaan arsip yang memiliki keterkaitan informasi pada semua organisasi kehidupan," katanya.

Menurutnya sistem kearsipan daerah ini juga digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan kearsipan oleh lembaga kearsipan dan pencipta arsip. "Ini harus didukung oleh sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sumber daya lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Dalam pembangunan sistem kearsipan ini kata dia harus meliputi penetapan kebijakan, pembinaan kearsipan dan pengelolaan arsip dalam sistem kearsipan daerah meliputi pengelolaan arsip dinamis dan pengelolaan arsip statis. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru