Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahapan Pelaksanaan Pilkades di Setiap Desa Harus Serentak

  • Oleh Norhasanah
  • 20 Juli 2017 - 13:04 WIB

BORNEONEWS - Sukamara, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMDPP dan PA) Sukamara Banjarnahor meminta agar 11 desa yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dapat melaksanakan setiap tahapan secara bersamaan, sehingga pada saat penentuan pelaksanaan kegiatan seluruh desa telah siap.

"Jangan sampai dalam tahapan pelaksanaan Pilkades ini ada desa yang tertinggal," kata Banjarnahoor, Kamis (20/7/2017).

Banjar menjelaskan, maksut dari tertinggal tersebut adalah tahapan yang dilakukan setiap desa berbeda, sehingga akan mempengaruhi pelaksanaan Pilkades serentak yang tanggal pelaksanaannya sudah ditetapkan.

"Misalnya seperti ini, ada desa yang tahapannya sudah pada penjaringan calon kades dan ada desa yang baru melakukan pendataan calon pemilih atau ada desa masuk tahapan lainnya, dengan tidak samanya proses tahapan ini maka pelaksanaan pilkadesnya bisa tidak serentak," tuturnya.

Lanjutnya, sedangkan diamanah yang ada di Peraturan Derah (Perda) hari dan tanggal pelakaanaan pilkades harus dilakukan secara serentak.

"Untuk itu, kita harapkan kepala desa, Badan Pemberdayaan Desa (BPD) dan kita harus memiliki visi dan misi yang sama agar pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan dengan sukses dan sesuai harapan," harapnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru