Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala SOPD Diminta Pacu Serapan Anggaran

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Agustus 2017 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Hingga akhir bulan Juli 2017 lalu, penyerapan anggaran di kabupaten Lamandau masih berada dibawah target. Karenanya, kepala Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD, diminta untuk lebih memacu penyerapan anggaran di bulan Agustus ini.

Hal itu disampaikan oleh sekretaris daerah (sekda) kabupaten Lamandau, Arifin LP Umbing, saat memberikan arahan dalam rapat tim evaluasi penyerapan dan realisasi anggaran (Tepra) di Aula Bappeda, Senin (7/8/2017). "Secara kumulatif, realisasi penyerapan anggaran kabupaten lamandau sampai dengan akhir Juli baru mencapai 50,04 persen. Sehingga untuk mencapai target 60 persen, masih terdapat deviasi sebesar 9,96 persen," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, dalam memanfaatkan bulan Agustus ini, kepala SOPD harus bisa lebih memacu penyerapan anggarannya. Sehingga target sebesar 70 persen di bulan Agustus nantinya dapat tercapai. "Salah satu upaya untuk memacu serapan anggaran yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan mempercepat lelang pekerjaan yang memang belum dilelang," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, kepala SOPD juga harus turun ke lapangan guna memantau secara langsung perkembangan progres pekerjaan yang sedang berjalan. "Kalau ada masalah, segera cari solusinya. Jangan sampai pekerjaan terlambat akibat hal-hal kecil yang sebenarnya bisa diselesaikan," harapnya.

Namun demikian, sambung dia, harus pula diperhatikan syarat teknis dan administrasi suatu pekerjaan. Sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya. Tepra yang rutin digelar tiap bulan ini, kala itu juga diikuti oleh perwakilan SOPD yang umumnya dihadiro oleh Kepala SOPD masing-masing. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru