Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Sugianto: Indonesia Perlu Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 10 Agustus 2017 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta ' Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melontarkan ide penataan manajemen ke-Indonesiaan. Ini sebagai solusi atas ketimpangan pembangunan ekonomi di Indonesia yang masih Jawa sentris.

Menurutnya, yang perlu dilakukan adalah dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di luar Pulau Jawa.

'Solusi penataan manajemen ke-Indonesiaan adalah pertumbuhan ekonomi baru, dengan memindah dari Pulau Jawa ke luar Pulau Jawa. Ini solusinya. Karena banyak potensi sumber daya justru di luar Jawa,' kata Gubernur Sugianto.

Penekanan itu ia sampaikan saat didaulat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas sebagai pembicara dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2017 di Jakarta, Kamis (10/8) sore.

Gubernur Sugianto duduk 'satu meja' bersama dengan Menteri/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro. Pemateri yang diundang IDF 2017 di antaranya Inia Batikot Seruiratu selaku Minister of Agriculture The Republic of Fiji dan Prof Martin Ravallion dari Georgetown University.

"Hal kedua sebagai solusi adalah, pemindahan ibu kota negara. Ada alasan sejarah kenapa di Kalteng. Mempertimbangkan di Palangka Raya, Kalteng, karena berada di pulau terbesar di Indonesia yang dapat alternatif untuk keberlanjutan NKRI dengan potensi SDA melimpah,' ujar Sugianto Sabran. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru