Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sepanjang 2017 Ada 28 Kasus Rabies di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Agustus 2017 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sepanjang tahun ini terdapat 28 kasus gigitan hewan rabies di Kota Cantik. "Tahun ini saja sudah tercatat sebanyak 28 kasus rabies dan ini bukan hanya melalui gigitan anjing, karena rabies ini bisa melalui hewan anjing, kucing atau kera," ungkap Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Kasi Keswan) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono kepada Borneonews, Jumat (11/8/2017).

Demi meminimalisasi kasus rabies, lanjut drh Eko, DKPP Palangka Raya menerapkan layanan SMS Gateway, yakni masyarakat hanya perlu mengirimk pesan singkat (SMS), kemudian petugas lapanganlah yang akan datang ke rumah pemelihara hewan tersebut.

"Melalui layanan ini kami ingin masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan dan mnekan angka kasus rabies di Kota Cantik yang sebagian besar karena anjing-anjing adopsi dari daerah luar," terangnya.

SMS Gateway, menurut drh Eko, juga hadir sebagai layanan tambahan untuk mengisi kekosongan antara vaksin rutin pada April dan September tiap tahunnya. "Masyarakat yang ingin memvaksin rabies hewan peliharaannya dapat langsung mengirimkan sms ke kontak SMS Gateway. Setelah itu, petugas lapangan dari kelurahan akan mendatangi rumah pemelihara dan memvaksin hewan tersebut.

Melalui SMS Gateway akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan vaksin rabies. Hanya tinggal mengirim SMS dengan format Nama_Alamat_Hewan(Anjing/Kucing/Kera)_jumlah(ekor) dan dikirimkan ke 0813-5144-0006," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru