Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Pergeseran Tujuan Pendirian Ormas karena Politik

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Agustus 2017 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' BORNEONEWS, Palangka Raya - Ada pergeseran tujuan dari perkembangan organisasi masyarakat (ormas). "Ada kecenderungan tidak konsisten lagi dengan tujuan semula. Itu karena ada gelanggang politik praktis yang mengganggu sistem perkembangan ormas," ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Januminro, Minggu (13/8/2017).

Menurutnya, ormas harus bisa memahami perbedaan antara kedudukan ormas dengan kedudukan dunia politik. "Apabila ingin berpolitik maka jangan sampai mengganggu wadah ormas yang memang telah tersistem arah dan tujuannya," tegasnya.

Dirinya mencontohkan, dulu ada yang namanya Serikat Dagang Islam, sebuah organisasi masyarakat yang mengenal sistem perdagangan secara Islam. Tetapi karena timbul kepentingan yang bernuasa politik maka berubah menjadi Serikat Islam dan pada akhirnya terpecah-pecah.

"Ini yang saya katakan terganggunya sistem awal sebuah ormas," tegasnya.

Dirinya berharap, ormas yang ada di Palangka Raya tidak ikut-ikutan dalam iklim serta gelanggang politik seperti perebutan jabatan atau kekuasaan. Bahkan, jangan sampai terjebak dalam isu yang memecah belah bangsa.

"Saat ini nilai-nilai kebangsaan dibentur oleh beragam kepentingan, baik itu pribadi dan kepentingan kelompok serta umum. Akibatnya benturan kuat antara politik dan kepentingan masyarakat terjadi. Kita berharap ormas tidak menempatkan diri pada hal seperti ini," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru