Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kotim Berencana Bangun Depo Sampah di Setiap Kecamatan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 September 2017 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), berencana membangun depo sampah di setiap kecamatan. Tujuannya, untuk mengatasi permasalahan sampah, dengan mengelolanya secara baik hingga bernilai ekonomis.

"Saat ini, sampah masih menjadi perhatian serius yang harus ditangani bersama. Karena sampah pula Kota Sampit gagal meraih penghargaan adipura," kata Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas DLH Kotim Segah Paulus, Selasa (5/9/2017).

Wacana pendirian depo itu mulai disosialisasikan ke kecamatan, seperti di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Dengan adanya depo ini, diharapkan sampah dapat dikelola dengan baik sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Di depo akan dilakukan pemilahan agar sampah yang ada dapat bernilai ekonomis bagi masyrakat. Dengan begitu sampah yang akan dikirim ke TPA juga berkurang.

Sementara, guna mendukung lancarnya rencana pembangunan depo sampah tersebut, Camat Mentawa Baru Ketapang Ahmad Sarwo Oboi mengungkapkan, pihaknya menyiapkan beberapa alternatif lahan untuk lokasi.

"Untuk tempat akan kami sediakan, sedangkan untuk tingkat kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya sudah cukup tinggi. Hanya saja yang menjadi masalah adalah kurangnya sarana dan prasarana," terang Oboi.

Banyaknya volume sampah yang ada di daerah MB Ketapang, tidak sebanding dengan jumlah tempat pembuangan sementara dan armada angkut sampah. Sehingga tidak sedikit sampah yang tidak terangkut dalam setiap harinya. Sehingga jika depo sampah nantinya benar-benar terealisasi, diharapkan permasalahan sampah di Kota Sampit dapat teratasi. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru