Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Katingan Pekat Berlumpur

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 September 2017 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kondisi air Sungai Katingan dari hulu sampai ke hilir sekarang ini warnanya berubah jadi kekuningan dan bercampur lumpur. Bahkan, keruhnya air Sungai Katingan ini sudah sampai di Kasongan dan sekitarnya.

Berdasarkan pantauan borneonews.co.id, seminggu lalu kondisi air Sungai Katingan masih agak bagus jika dibandingkan dengan hari ini. Warnanya pun hanya agak kekuningan dan tidak bercampur lumpur. Namun kini, warna air Sungai Katingan berubah menjadi kuning seperti tanah lempung dan bercampur lumpur.

Menurut informasi yang diperoleh, keruhnya air Sungai Katingan ini lantaran di wilayah hulu terjadi longsor di beberapa desa dan bukit, seperti Kecamatan Petak Malai. Adapun bukit yang diinformasikan longsor, yakni Bukit Belah di areal PT Gaung (perusahaan HPH) Kecamatan Petak Malai.

Kemudian, di salah satu ruas jalan menuju Desa Tumbang Habangoi Kecamatan Petak Malai. Lainnya terjadi tanah longsor di sekitar Riam Jerawi juga berada di wilayah Kecamatan Petak Malai. "Sudah dua hari ini kondisi air Sungai Katingan yang keruh bercampur lumpur," sebut Hasan, warga Kasongan. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru