Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Komisi B Apresiasi Penanaman Padi di Lahan Gambut

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 September 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya At Prayer mengapresiasi atas keberhasilan penanaman padi di lahan gambut. Memang beberapa waktu lalu diadakan panen perdana padi di lahan gambut yang diinisiasi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya berlokasi di Kalampangan.

"Itu terobosan dan harus diapresiasi," kata At Prayer, Senin (25/9/2017).

Jika benar-benar sukses menanam padi di lahan gambut, menurut Prayer, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya wajib menyalurkan pengetahuan tersebut kepada petani-petani lain di Palangka Raya.

"Ini bisa dikatakan penemuan jadi saya rasa harus dibagikan kepada petani lain di Palangka Raya. Selama ini kita takut-takut menanam di lahan gambut karena hasilnya tidak akan maksimal. Ternyata dengan bantuan teknologi dan jenis padi yang pas hal ini bisa saja dilakukan," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia mengaku upaya penguatan sektor pertanian terus dilakukan, walaupun selama ini area lahan di Kota Palangka Raya bergambut.

"Tampaknya, seperti di Kalampangan ini, ada kelompok masyarakat yang dapat mencari sistem bercocok tanam yang baik di lahan gambut hingga mampu membuahkan hasil," tambah Riban.

Wali Kota dua periode ini mengatakan bahwa langkah poktan di Kelurahan Kalampangan ini merupakan langkah awal.

"Bisa saja untuk wilayah Kalampangan jadi sentra padi dan wilayah Tangkiling jadi sentra sayur mayur dan buah-buahan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru