Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara dan Lamandau Kaji Paten Bersama

  • Oleh Ramadani
  • 12 Oktober 2017 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara menyambut kedatangan perwakilan Pemerintah Kabupaten Lamandau, Rabu (12/10/2017).

Pemkab Lamandau melakukan kunjungan kerja ke Barito Utara dalam rangka kaji banding Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) 2017.

Kedatangan rombongan Pemkab Lamandau ini di sambut Asisten I Setda Barito Utara Hendro Nakalelo didampingi Camat Teweh Tengah Hery Jhon Setiawan, Sekcam Teweh Tengah, Lurah Lanjas dan Melayu, serta lainnya di Kantor Kecamatan Teweh Tengah.

Hendro dalam kesempatan itu menyampaikan gambaran umum mengenai Kabupaten Barito Utara. Yang mana salah satu prioritas Bupati Nadalsyah dan Wakil Bupati Ompie Herby adalah penanganan bidang infrastruktur jalan dan jembatan. Khususnya yang menghubungkan antardesa, desa ke kecamatan, dan kecamatan ke ibu kota kabupaten.

'Kami dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan selamat datang di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. Semoga masyarakat memiliki kesan yang baik di hati bapak ibu sekalian,' ujar Hendro yang mewakili Sekda Barito Utara Jainal Abidin.

Ia melanjutkan, seperti yang telah diketahui bahwa Paten diselenggarakan dengan maksud untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat. Secara kondisi geografis daerah akan lebih efektif dan efisien melalui kecamatan.

'Langkah yang telah ditempuh untuk mewujudkan Paten di Barito Utara antara lain tahap pemenuhan syarat substantif, teknis, administratif, penetapan kecamatan sebagai penyelenggara Paten, dan peresmian serta sosialisasi kecamatan sebagai penyelenggara Paten,' katanya.

Disampaikannya pula, meski tahapan-tahapan itu telah dilaksanakan masih sangat banyak kekurangannya. 'Untuk itu diharapkan, melalui kaji banding ini dapat memberikan masukan dan tukar informasi mengenai Paten. Agar Paten di Barito Utara khususnya Kecamatan Teweh Tengah dapat berjalan lebih baik lagi ke depannya.

Sementara itu, Asisten Setda Lamandau Bidang Kesra, Saptono, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Barito Utara dan Kecamatan Teweh Tengah yang telah bersedia menerima kedatangan mereka.

Kaji banding ini dilaksanakan selama dua hari yakni 10-12 Nopember 2017, ke tiga kabupaten induk dan pemekaran, yakni Barito Selatan, Barito Utara, dan Murung Raya. 'Sengaja dalam kaji banding ini kami memilih dua kabupaten Induk dan satu kabupaten pemekaran, agar bisa melihat gambaran pelaksanaan Paten pada kabupaten induk dan pemekaran,' kata Saptono.

Disampaikannya juga bahwa kegiatan kaji banding ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para camat serta petugas Paten Lamandau, agar mengetahui kekurangan atau kelemahan program yang telah dilaksanakan. 'Sehingga ke depan dapat lebih baik dan prima dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,' ujarnya. (RAMAHANI/B-3)

Berita Terbaru