Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Pencetekan KTP-el Lambat

  • Oleh Hamdi
  • 19 Oktober 2017 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Permasalahan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) ternyata tidak hanya pada blangkonya saja. Karena, walaupun blangko E-KTP sudah tersedia, KTP-el belum tentu bisa dicetak. Masih ada beberapa proses yang harus dilalui.

Kasi Pendataan Penduduk pada Disdukcapil Kapuas, Yadi Siliyadi, menjelaskan, pencetakan KTP-el harus melewati beberapa proses sebelum dicetak dan itu memerlukan waktu yang cukup lama. "Jadi setelah dilakukan perekaman, datanya akan dikirim ke pusat untuk dilakukan penunggalan NIP, nah proses penunggalan NIP ini tidak bisa diprediksi kapan selesainya karena itu tergantung dari pusat yang memverifikasinya," kata Yadi kepada Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (19/10/2017).

Kenapa waktu selesainya proses penunggalan tersebut tidak dapat diprediksi dan cukup lama, lanjut Yadi, hal tersebut karena banyaknya data yang masuk ke pusat dari seluruh Indonesia. Belum lagi proses pengirimannya juga terganggu, karena saat melakukan pengiriman prosesnya cukup lama di website.

Kemungkinan katanya, saking banyaknya data yang dikirim dan masuk. Di situlah terkadang, pihaknya sering kesulitan dan sering mendapatkan keluhan masyarakat tentang lambatnya pencetakan E-KTP. "Kita cuma menyampaikan bahwa KTP-el kemungkinan akan dicetak selama beberapa bulan ini kepada yang bersangkutan sesuai dengan pemberitahuan yang kita berikan. Akan tetapi kita tidak menjanjikan, jadi mohon kepada masyarakat untuk pengertiannya," pungkasnya. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru