Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Pokdarwis Dapat Pelatihan Kapasitas Kepemanduan Wisata

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 November 2017 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pariwisata merupakan salah satu target utama pembangunan selama kepemimpinan pasangan Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah lima tahun ke depan.

Oleh karena itu, Pemkab Kobar melalui Dinas Pariwisata berupaya meningkatkan kualitas kemampuan para pemandu wisata di Kabupaten Kobar. Seperti kegiatan asistensi tata kelola destinasi pariwisata khusus cluster Tanjung Puting yang digelar selam dua hari di Hotel Swiss Bellin Pangkalan Bun, Rabu (1/11/2017) dan Kamis (2/11/2017). Dalam kegiatan itu juga ada pelatihan kapasitas kepemanduan wisata bagi anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Menurut Herman Herry Roustaman salah seorang nara sumber yang memberikan materi dalam kegiatan tersebut yang merupakan pelaku industri wisata di Kobar pelatihan ini diikuti oleh 42 peserta yang berasal dari pokdarwis dari Kabupaten Kobar dan Kabupaten Seruyan.

"Kegiatan tersebut dibuka oleh Kadis Pariwisata Kobar Gusti Imansyah. Pelatihan tersebut diikuti 42 peserta berasal beberapa perwakilan dari Pokdarwis Laman Tuha Desa Pasir Panjang , Pokdarwis Bogam, Pokdarwis Sebuai,Pokdarwis Seruyan , Perkumpulan Masroyan Kotawaringin Lama, Perkumpulan Selanting dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kobar," ujar Herry.

Menurutnya, kegiatan ini digelar guna meningkatkan kemampuan kepemanduan dan membangun kerjasama atau link dengan para peserta yang berasal dari beberapa pokdarwis.

"Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Osvian Putra dari dpd HPI Riau. Ia diminta oleh Kementerian Pariwisata untuk memberikan pelatihan. Selain itu juga ditambah narasumber lokal yaitu Ketua DPD HPI kalteng Yomie Kamale dan Ketua DPC HPI kobar Muhammad Yusup," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-8)

Berita Terbaru