Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perhutanan Sosial di Kalteng Baru Tergarap 78 Ribu Hektare

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 29 November 2017 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Perhutanan sosial di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) hingga kini baru tergarap seluas 78 ribu hektare (ha). Hal ini masih perlu dioptimalkan lagi dengan penguatan regulasi yang ada.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalteng Sri Suwanto menyebut, total luasan Perhutanan Sosial di Provinsi Berjuluk Tambun Bungai ini sebenarnya mencapai 1,5 juta ha. Dengan demikian, masih sekitar 5 persen saja yang tergarap oleh masyarakat.

'Dari luasan 1,5 juta ha, yang tergarap baru 78 ribu ha saja, atau hampir 4,8 persen. Yang mengajukan sih sudah banyak,' kata Sri Suwanto kepada Borneonews, Rabu (29/11/2017).

Ia berharap, ke depan semakin banyak progres dari perhutanan sosial ini. Ia pun mengajak semua pihak mengubah pandangan dimana selama ini orang menilai hasil kehutanan adalah kayu.

Padahal sekarang kehutanan sudah terbuka, dan lebih leluasa mengelola bersama masyarakat. Antara lain bisa melaksukan pengembangan tanam padi, jagung, tebu atau peternakan, jasa lingkungan, wisata, dan lainnya. (ROZIQIN/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru