Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Kayon Ciptakan Kawasan Ramah Anak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Desember 2017 - 12:46 WIB

BORNOENEWS, Palangka Raya - Puskesmas Kayon, salah satu Puskesmas di Palangka Raya mulai memunculkan inovasi baru. Kini kawasan puskesmas yang terletak di Jalan Rajawali Kota Palangka Raya ini terkesan lebih ramah anak. Terbukti dengan dibuatnya arena bermain untuk anak-anak di ruang tunggu puskesmas tersebut.

"Iya, sekarang kita sudah ada ruang bermain untuk anak. Karena anak-anak ini kan gampang bosan. Daripada mereka nangis karena bosan kemudian malah pasien lain terganggu, kita harapkan adanya ruang bermain ini bisa dimanfaatkan agar anak-anak bisa tetap tenang," kata dr Nora, salah seorang dokter yang bertugas di puskesmas tersebut, Selasa (12/12/2017).

Menurut dr Nora, peningkatan pelayanan juga sedang gencar dilaksanakan. Selain menerima langsung para pasien dan keluarga yang datang ke puskesmas, kenyamanan juga diutamakan. "Anak-anak yang memiliki tempat bermain tentu membuat semua akan nyaman ya. Tapi karena ini baru, mungkin para orang tua yang membawa anak masih agak sungkan mengajak anak-anaknya bermain di situ. Tapi kita yakin nanti lama kelamaan ruang bermain ini akan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pasien," tuturnya.

Ruang bermain ini dibuat tepat di samping ruang kesehatan untuk anak-anak sehingga sembari menunggu panggilan untuk berobat, para orang tua tetap dapat mengawasi anak-anaknya yang tengah bermain. Ruang bermain berukuran 3x1,5 meter itu dilengkapi dengan alat-alat bermain yang edukatif mulai dari karpet yang berbentuk puzzle hingga balok-balok kayu yang dapat ditata dengan bebagai bentuk.

Pantauan Borneonews, hanya beberapa anak yang masih dibawa orang tuanya untuk bermain di arena tersebut. Kebanyakan belum familiar dengan arena bermain atau bahkan kurang berminat meninggalkan anaknya di arena tersebut karena masih terdoktrin tempat tesebut adalah puskesmas. Padahal di samping arena bermain sudah disediakan pembersih tangan agar setelah anak-anak bermain, tangan anak-anak dapat segera dibersihkan dengan pembersih tangan steril. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru