Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Harus Tinggalkan Cara Mengajar Konvensional

  • Oleh Oktrika Nugraheni
  • 18 Desember 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guru harus meninggalkan cara mengajar konvensional. "Guru tidak hanya mengajar, tapi menginspirasi anak didiknya," kata Human Resources Director Citra Borneo Indah (CBI) Group, Budi Setiawan, saat Seminar Sistem Olimpiade di Sekolah yang digelar di Aula Universitas Antakusuma Pangkalan Bun, Senin (18/12/2017).

Menurutnya, guru memiliki peran yang penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. "Karena ada anak yang sudah berusia 12 tahun tidak bisa membaca, menulis dan berhitung, tetapi di tangan seorang guru yang tepat dia justru bisa menjadi seorang juara di bidang akademis," tuturnya. Untuk itu, dia berharap agar guru menjalankan tugasnya dengan penuh semangat dan jiwa. Bukan sekadar memenuhi tanggung jawab untuk mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya.

Pria energik ini pun mencontohkan beberapa pola pendidikan yang diterapkan di negara lain. "Di Finlandia pola pendidikannya menyenangkan, anak dibuat fun happy, sementara di Singapura, anak-anak ditekan dengan tugas, praktikum dan sebagainya. Tapi, hasil keduanya sama," ungkapnya.

Mutu pendidikan di Indonesia saat ini, lanjutnya, kalah dengan Malaysia dan Thailand. Bahkan, dari 50 negara, kemampuan matematika orang Indonesia menempati peringkat ke 45. "Makanya, guru harus meninggalkan cara konvensional."

Ia juga mengungkapkan, betapa sulitnya mencari SDM di Kalimantan. Ia mencontohkan, pelamar yang masuk ke CBI Grup. "Ada 85% hingga 90% yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Terpaksa mendatangkan dari luar daerah. Begitu juga dengan lulusan SMK, seharusnya lulusan SMK itu dididik untuk siap memasuki dunia kerja," tuturnya.

Seminar sistem olimpiade matematika tersebut dilaksanakan oleh Semesta Boarding School sebuah sekolah yang berada di bawah Yayasan Al Firdaus dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kobar serta Borneonews.co.id sebagai event organizer. Sejumlah perusahaan turut mendukung kegiatan yang bertujuan mencerdaskan anak bangsa ini, seperti Citra Borneo Indah Grup, PT Astra Agro Lestari Tbk, Bank BNI Cabang Pangkalan Bun, Hypermart, Bank Mandiri, Kalbe, Lembaga Pendidikan Genius, Air Minum Quarter. (OKTRIKA NUGRAHENI)

Berita Terbaru