Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dibantu Anaknya, Abah Hasan Pasarkan Tanaman Siap Panen

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Januari 2018 - 23:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Abah Hasan, demikian sapaan akrabnya, petani yang menjual tanaman siap panen dalam polybag-polybag ini ternyata tidak bekerja sendiri.

Di perkebunan dia dibantu satu pegawai, sementara untuk pemasaran dibantu anak pertamanya, Hasan. Awalnya, Hasan hanya membantu menjual cabai budidaya ini dengan berkeliling mendorong gerobak berisi 6-8 pohon cabai.

"Biasanya dalam sehari Hasan bisa menghabiskan semua jualan itu dan pulang dengan gerobak kosong. Peminatnya banyak, maklumlah di kota kan memang masyarakatnya sibuk jadi tidak sempat menanam dari awal mulai dari persemaian. Kalau beli ini kan nanti tinggal siram-siram saja karena di tanahnya sudah kita berikan pupuk," kata Abah Hasan, Selasa (23/1/2017).

Meski dibantu sang anak, Abah Hasan sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah pedagang. Mulai dari pedagang sayur hingga tanaman hias.

"Sebagian sudah kita kerja sama. Jadi yang menerima titipan kita itu datang sendiri ke kebun untuk mengambil tanamannya. Sistemnya ada yang mereka beli langsung di saya, ada yang saya titipkan saja jadi kalau tidak laku akan kembali kepada saya. Soalnya Hasan sudah masuk SMP jadi lebih sibuk belajarnya. Biasanya kalau PR tidak terlalu banyak baru dia bantu jualan keliling di dekat-dekat sini saja. Kalau saya dan karyawan satu orang fokus di perkebunan," jelasnya.

Ia bangga karena anak sulungnya mau ikut meringankan beban orangtua. Abah Hasan memang bekerja secara mandiri untuk menghidupi dan menyekolahkan ke empat anaknya. Sementara isterinya fokus untuk merawat dan mendidik anak-anaknya.

"Saya memang dari waktu muda suka berkebun. Jadi daripada hanya jadi hobi, saya tekuni sekalian. Syukur ternyata anak saya yang pertama malah sukanya berdagang. Dari SD dia yang menyodorkan diri untuk menjual tanaman kami. Saya bangga dia tidak malu membantu orang tua," tutupnya.(TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru