Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Hal Penting yang Ingin Dicapai dalam Rapat Koordinasi P3MD

  • 26 Februari 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa Gunung Mas (DPMD Gumas) Yulius Agau menyatakan, ada beberapa hal penting yang disampaikan dalam Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di aula kantor BP3D, Senin (26/2/2018).

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan DPMD, pemerintah kecamatan dan pendamping desa dalam penyelengaraan pemerintahan desa.

Pertama, mengoptimalkan fasilitasi penyusunan dokumen perencanaan, penganggaran dan dokumen pendukung lainnya di desa sesuai kalender Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Dua, prioritas penggunaan dana desa harus memenuni lima ketentuan. Yakni prioritas berdasarkan kemanfaatan, prioritas berdasarkan partisipasi masyarakat, prioritas berdasarkan berkelanjutan, prioritas berdasarkan kepastian dan pengawasan dan prioritas berdasarkan sumber daya dan tipologi desa.

Tiga, fasilitasi tata cara penatausahaan keuangan desa, pelaporan dan pertanggungjawaban penyelengaraan pemerintah desa. Empat, fasilitasi penyusunan produk hukum.

Lima, fasilitasi pembentukan dan pengembangan BUMDes sebagaimana Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Republik Indonesia. Enam, fasilitasi pengembangan kerja sama antar desa, baik bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Tujuh, memfasilitasi desa dalam hal mengaktifkan sekaligus mengoptimalkan Lembaga Masyarakat Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD).

Delapan, memfasilitasi desa dalam hal optimalitas pengisian profil desa dan pendayaannya, percepatan pelaksanaan evaluasi perkembangan desa (EPD) berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru