Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

CPO Topang Kinerja Indofood Sukses Makmur

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 19 April 2018 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kinerja PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) sejatinya banyak tertolong oleh peningkatan pendapatan dari segmen agribisnis, meskipun baru berkontribusi 21% dari total pendapatan INDF, segmen perkebunan mampu tumbuh 8,3% year on year (yoy) menjadi Rp 15,66 triliun. 

"INDF menikmati harga crude palm oil (CPO) yang mengalami tren kenaikan pada tahun lalu," kata analis Ciptadana Sekuritas Asia, Stella Amelinda, dalam risetnya, Rabu (18/4/2018).

Stella menilai, tren positif di segmen agribisnis diyakini masih akan berlanjut sepanjang tahun ini. 

"Hal ini diperkuat oleh pernyataan Menteri Perdagangan yang menjamin bahwa ekspor CPO Indonesia tidak akan terganggu oleh kebijakan kenaikan tarif impor India dan larangan ekspor dari Uni Eropa," papar dia.

Sengitnya persaingan di bisnis konsumer membuat kinerja PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) tahun lalu cenderung stagnan. Namun, pangsa pasar INDF yang luas dan potensi kenaikan daya beli masyarakat dinilai masih mampu menopang kinerja INDF tahun ini.

Tahun lalu, INDF mencetak pendapatan Rp 70,19 triliun atau naik 5,3% year on year (yoy). Tapi, laba bersih emiten ini hanya naik 0,6% yoy menjadi Rp 4,17 triliun. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru