Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos PMD Barut Gelar Pelatihan Tingkatkan Kemampuan Taruna Siaga Bencana

  • Oleh Ramadani
  • 25 April 2018 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa Barito Utara (Dinsos PMD Barut) melaksanakan pelatihan bagi anggota Tagana.

Pelatihan itu dalam rangka meningkatkan pemantapan kemampuan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Barut. Pelatihan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Panglima Batur Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan.

“Pelatihan pemantapan kemampuan Tagana itu diikuti sebanyak 30 orang. Pelatihan dilaksanakan di Buper Panglima Batur dengan instruktur dari Kodim 1013 Muara Teweh, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial PMD,” kata Kepala Dinas Sosial PMD, Eveready Noor, Rabu (25/4/2018).

Pelatihan yang diberikan berupa kedisiplinan, evakuasi korban, tim kerja kelompok, dapur umum dan lainnya. Tujuan dari pelatihan ini, jelas dia, untuk menegaskan bahwa Tagana sebagai relawan harus tangguh dan memiliki kesigapan, kecepatan dan ketepatan bereaksi terhadap pemenuhan kebutuhan serta penanganan korban bencana.

“Tagana Barito Utara adalah relawan dari masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana bidang bantuan sosial serta berbasis ke masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatan Tagana siap bekerjasama dengan organisasi lainnya dalam penanggulangan bencana,” kata mantan Camat Teweh Tengah ini.

Ia juga mengatakan, Tagana dalam melakukan kegiatan pada semua fase siklus bencana, tetapi yang utama adalah pada saat prabencana seperti melakukan pendataan/pemetaan wilayah rawan bencana serta melakukan kajian dan analis resiko bencana.

“Saat bencana terjadi seperti mengaktifkan semua sistem, menghimpun data dan informasi, melakukan antisipasi dampak bencana lanjutan. Pascabencana akan dilakukan kegiatan membuat catatan, kajian dampak bencana, melakukan rujukan, evaluasi, laporan serta bantuan-bantuan logistik dan dapur umum,” katanya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru