Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat di Tahun Politik Penting

  • Oleh Naco
  • 02 Mei 2018 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Peran Satuan Polisi Polisi Pamong (Satpol PP) dan satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) di tahun politik sangat penting.

Itu disampaikan Bupati Kotim melalui Sekda Kotim H Halikinnor, Rabu (2/5/2018), dalam apel gabungan di halaman Kantor Bupati Kotim.

Menurut Halikinnor, pada HUT Satpol PP menekankan ada dua agenda besar nasional yang akan digelar yakni pemilihan kepala daerah dan pemilihan legislatif pada 2019 yang digelar secara bersamaan.

Peran Satpol PP dan Satlinmas  menjadi penting dalam tahun politik itu. Karena keduanya harus ikut mengawal dua agenda nasional itu. Sehingga kesiapsiagaan harus ditingkatkan.

Dikatakan Halikinnor tema yang diambil dalam perayaan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini yakni Satpol PP san Satlibmas siap mengawal pilkada serentak 2018. 

Di mana menurut Halikinnor tema itu mengandung arti Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi terutama pilkada.

Keterlibatan mereka menurutnya memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. "Karena itu saya meminta Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaan," tegasnya.

Sesuai aturan keduanya mempunyai tugas membantu menjaga ketentraman pemilu dan pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan.

Selain itu membantu dalam kontek tugas sosial, karena dinamika politik akan meningkat. Selain itu gangguan keamanan juga akan ikut menguat.

"Saya minta dari sekarang Satpol PP dan Satlinmas dapat menyiapkan diri sejak dini. Kuncinya adalah koordinasi, komunikasi dan sinergi dengan instansi terkait," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru