Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Omicron Juga Ada yang Tidak Bergejala, Namun Tingkat Penyebaran Lebih Cepat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Januari 2022 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diduga sudah masuk varian baru Covid-19 Omicron. Karena, dalam beberapa hari terakhir sudah ada 8 orang warga yang Positif Covid-19. 

Omicron memiliki tingkat penyebaran yang sangat cepat. Namun tingkat bahaya yang rendah dibandingkan varian lama Covid-19. 

"Varian Omicron juga ada yang tanpa gejala, namun kebanyakan penderita mengalami batuk dan pilek," ujar Penanggungjawab Laboratorium PCR BSL II RSUD dr Murjani Sampit dr Ikhwan Setiabudi, Sabtu, 29 Januari 2022. 

Meskipun begitu, dirinya berharap kepada masyarakat agar selalu mewaspadai parian baru ini. Karena penyebarannya yang cepat, harus diantisipasi dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat. 

Karena hal tersebut adalah langkah utama untuk menangkal penyebaran virus tersebut. Meskipun, hingga saat ini belum bisa dipastikan apakah 8 orang yang saat ini positif Covid-19, terpapar varian Omicron. 

"Protokol kesehatan adalah langkah utama untuk terhindar dari Covid-19, dan itu yang harus kita lakukan, selain berdoa kepada yang maha kuasa," terang Ikhwan. 

Sementara, pihaknya sendiri sudah berkoordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan. Hal itu dilakukan sebagai langkah Uji laboratorium, guna mengetahui ada atau tidaknya mutasi virus varian Omicron di daerah ini. (MUHAMMAD HAMIM/b-5)

Berita Terbaru